Kawah Putih- Bandung, Jawa barat


Holaa..... gue abis dari bandung dong. #norak hahaha. Secara, terakhir gue kebandung itu SD kelas 6 sama SMP kelas 3. jadi sudah 5 tahun gue gak menginjakkan kaki disana, dan ini frist time trip touring gue yang cuma bermodalkan GPS. kalian tau ? walaupun gue menamai diri gue anak touring tapi gue sama sekali gak apal jalanan #kecuali jalanan dari kantor ke rumah.

waktu dimulai jam 6 pagi gue start di Mall KCP karawang timur, sesuai rute di maps kita ngelewatin jalanan yang menurut mbah gugel ini paling cepat. tapi seakuratnya teknologi tetep aja, mengalakan kondisi sebenarnya. Karna kenyataannya jalanan yang ditunjukan maps benar-benar rusak ! alhasil yang kita dapet lama juga sih karna pelan-pelan. saran gue, beraniin lewatin jalanan besar, walau tuh maps ngoceh-ngoceh karna keluar rute yang ditentukan nanti juga dia menyesuaikan jalan kita kok.

total perjalanan itu 4 jam, termasuk dua jam sekali istirahat. pertama di padalarang buat minum dan *pipis. kedua di ciwideynya karna gerimis. oh ya... satu lagi, pantengin perkiraan cuaca ya gais, karna bandung itu bisa menangis kapan pun dan jangan lupa juga buat para touringers bawa perlengkapan jas hujan kalau perlu sekalian baju ganti. kita kan gak tau kondisi cuaca seperti apa...

pas kesana, cuaca lagi gerimis ringan. artinya gerimis tapi cuma bentar. sesampainya di pintu masuk, kita bakalan lewatin loket. Harga tiket masuk itu Rp. 75.000 untuk 2 orang dan 1 motor. lalu kita parkir deh di tempat yang cukup rindang dan aman kok banyak yang jagain. lebih enak lagi titipin tuh helm, sekalian sama tas kalian yang super gede. ada tempat penitipannya kok, dua helm 1 tas kena Rp. 10.000 free 2 masker sensy. ingat ya... barang penting yang ada di tas tolong dibawa, semacem jas ujan, baju, atau oleh-oleh si bisa dititip di penitipan helm.

nanti kita bakalan naik ke kawah pake mobil angkot gitu, kenapa ? karna disana bisa aja pohon atau longsor juga jalanan yang sempit dan curam, jadi petugas nyediain mobil khusus buat ngangkut pengunjung. buat kalian yang bawa mobil, bisa kok dibawa sampe ke atas tapi harga tiketnya beda gais. Yang pertama gue rasain pas pintu masuk kawah itu DINGIN. secara 18 derajat coy....

oh ya, sebelum pintu masuk ada pemain kecapi yang punya saung sendiri, buat kalian jangan pelit ya. kasilah berapapun buat mbah ini, karna dia cari rezeki dari setiap petikan kecapinya....

dan satu lagi, karna gerimis itu kawahnya jadi KETUTUP KABUT. menyebalkan memang, tapi mau gimana lagi, udah sejauh ini dan NIKMATIN AJA..... 














Saran gue :
* Cek kondisi cuaca, kalau hujan ataupun tidak apa salahnya bawa perlengkapan jas ujan kalian. toh bisa aja gugelnya salah prediksi
* Pilih hari yang pas, kalau pas libur nasional pasti rame banget. jadi susah nemu titik sepi buat foto keindahan kawah
* Jangan memaksa ya... kalian bisa memaksakan diri buat nekad kesana, tapi kendaraan kalian ? rutenya itu 60% nanjak loh dari purwakarta ampe ciwidey
*JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN


Komentar