Hal-hal yang lumayan menganggu di trimester 3 kehamilan



Halo bumil bumil ndut, hahaha. Gimana udah mulai h2c belum ni ? Kemarin kebetulan udah kontrol bulanan, dan ternyata baby udah siap banget buat lahiran. tinggal tunggu waktu aja deh, dan disisa-sisa trimester 3 ini Mungkin para bumil ngalamin apa yang gue alamin dan bingung tentang solusinya. jadi gue mau sharing beberapa hal yang lumayan menganggu di trimester akhir ini. 

1. Heartburn
Pernah ga bumil ngerasa sekitar tenggorokan itu rasanya aga panas, atau kadang sampe gumoh gitu ? itu namanya heartburn. kenapa bumil bisa heartburn karna posisi lambung yang tertekan atau ditendang sama dede bayi, makanya makanan yang bunda cerna dan sudah tercampur asam lambung, naiklah ketenggorokan. bumil ga mesti kawatir kok, karna ini ga bahaya.
tips : Jangan minum atau makan terlalu banyak. lambung yang penuh bisa bikin makanan yang sudah dilebur dilambung jadi gampang keluar. kalau tenggorokannya panas coba minum air hangat, atau bumil bisa pakai kayu putih di sekitar ulu hati kalau memang ga nyaman.

2. Gatal-gatal
Wah ini si udah pasti ya, bumil mana yang gak gatel pas lagi hamil. biasanya dibagian perut, atau bagian-bagian yang terkena karet pakaian (pinggul, atau bawah payudarah). yang paling menganggu itu kalau gatalnya malem-malem, jadi ga bisa bobo cantik deh. gue termasuk yang paling parah, karna sampe ngebekas hitam di sekitar pinggul dan bawah payudarah. suka ga pede kalau didepan suami, tapi untungnya suami bilang "kamu cantik, lebih cantik malah setelah hamil" unchhhh.... Rasa gatal ini sebenernya karna kulit bumil yang melar, dan dehidrasi. tapi banyak yang berpendapat setelah hamil rasa gatal itu bakalan ilang. masuk akal sih, karna hamil otomatis kulit dibagian tertentu melebar, dan kebanyakan dari kita masih pakai baju-baju yang pas body alhasil karet celananya ngebekas deh dikulit dan jadi gatal. bisa juga karna dehidrasi bikin kulit kering dan gatal. 
tips : coba ganti produk perawatan kulit bumil dengan produk bayi, minum yg cukup, dan pakai pakaian longgar. pengalaman pribadi nih, ganti sabun dan lotion pake produk baby. dan kalau gatal biasanya diolesin baby oil atau minyak telon. itu ampuh loh bumil, makanya si baby belum lahir tapi perlengkapannya udah dipake sama ibunya duluan hahaha. 

3. Panas
Aduh... ini si yang paling gak banget. Sebenernya bagus sih, kalau bumil ngerasa panas di trimester 3. karna baby membutuhkan banyak asupan darah jadinya kerja jantung bumil lebih ekstra dan hasilnya suhu tubuh bumil naik. Kalau rumahnya berAC si enak, tapi kalau engga ? bisa emosi jiwa sendiri deh.
Tips : Lagi-lagi gunain baju yang longgar. pilih baju yang bahannya menyerap keringat. gue kemana-mana sekarang pasti pinjem kaos suami. karna selain longgar bahannya juga nyerep keringet. rata-rata kaos laki-laki itu kan bahannya katun 30s atau 20s jadi adem. sedia air minum ya bumil, jadi biar ga dehidrasi, dan minum juga bisa nurunin suhu badan bumil. kalau malem 1 jam mau tidur, coba minum dulu. biar malemnya bumil ga kebangun karna dehidrasi.

4. Gampang laper
hayo siapa yang sepengalaman ? padahal menurut dokter udah harus ngurangin makan karbo, sesuatu yang manis dan dingin. tapi namanya godaan ya jenk, syusyah..... mikirnya karna sekarang babynya udah gede, otomatis bumil jadi gampang laper. Emang bener sih, dari makanan yang dimakan bumil 60%nya diserap baby. itulah kenapa bumil sering anemia, atau BBnya susah naik. tapi ada benernya loh mengurangi karbo jelang persalinan. karna kalau BB bayinya terlalu besar, kasian juga bumil ngedennya hahaha.
Tips : Atur jadwal makan berat cukup 3 kali sehari dengan porsi normal. nah selebihnya bumil bisa ngemil buah, atau makan sayur. Jadi semacam diet gitu buat bumil.

5. Gerak baby jadi berkurang
Kawatir ga sih kok makin kesini babynya jadi jarang gerak. Alasannya karna babynya udah besar, dan ruang rahim sudah tidak bertambah jadi geraknya juga terhambat. tapi gpp ko bumil, itu wajar. justru ditrimester ke 3 ini malah bumilnya yang harus banyakin gerak, bukan babynya.
tips : sering-sering kontrol ya bumil, untuk cek detak jantung bayi dan posisi babynya. Pasti bumil pada tau kan kapan si jam-jamnya si baby gerak. nah pas gerak bumil ajakin ngobrol, pasti dia lebih merespon. 

6. Insomnia
siang jadi malam, malam jadi siang. serasa jadi kelelawar ya bumil, kalau malem mendadak melek tanpa sebab. dan kalau siang ngantuknya ga ketulungan. beruntung kalau bumil yang IRT, nah kalau yang kerja ? ngalamin insomnia ini dari mulai 8 bulan. hasilnya mata jadi berkantung hitam, belum lagi gampang cape karna kurang tidur. Walau tidur jam 9 atau jam 11 malem tetep aja jam 2 pagi pasti kebangun sampe subuh. kesiksa itu pasti, tapi ya nikmatin aja prosesnya. toh setelah lahir kan bakalan begadang juga ngikutin pola tidur dedek bayi
Tips : sebisa mungkin tidur siang, buat para mama yang kerja tidur siang walau cuma 20 menit itu bisa recovery badan karna efek begadangnya semalem. dan biasanya karna sering begadang darah bumil jadi rendah, tapi ada juga yang malah sebaliknya. konsultasi ke dokter ya bumil, kalau memang anemia gpp ko minum penambah darah. atau justru malah tekanan darahnya naik kan bisa dapet solusinya dari budokter. 

oke mungkin itu aja si bumil keluhan-keluhan yang sering dirasain di trimester 3. intinya sabar ya bumil, bawaan hamil itu ya nikmat-nikmat menyiksa. jadi nikmatin prosesnya, jalani alurnya karna hasil tidak pernah mengkhianati perjuangan. Semoga lancar ya lahirannya.....

Komentar