Objek Wisata Jurang Landung, Cigugur Kuningan



Photo from dikuningan.com



Melanjutkan jalan-jalan edisi lebaran, hari berikutnya abis dari taman cisantana, gue ke Jurang Landung Cigugur. Objek wisata ini juga ga jauh dari taman cisantana dan palutungan (karna memang searah). Tapi menurut gue, disini lumayan ZONK. Kenapa bisa zonk karna objek wisata ini lumayan baru, fasilitas memang lumayan memadai tapi luas wilayah ga menampung banyaknya pengunjung. Bukan berarti objek wisatanya ga bagus ya, tapi karna lagi high seasons libur lebaran jadi bener-bener padet. Mau foto di spot-spot bagus aja lumayan ngantri 5-10 menit. Belum lagi rebutan sama ibu-ibu yang nyerobot hadeh..

Objek wisata ini emang jurang, dibawahnya ada sungai kecil yg agak kotor pas gue kesana, disekitarnya ada rumah-rumah panggung buat keluarga piknik. Tapi ya gitu, saking banyaknya orang jadi banyak sampah, ditambah tempat duduk yang sedikit jadi kasian yang tua2 pada ngedeprok. Agak worry ya, karna disini rutenya  menanjak dan ada sungai. Banyak anak kecil lari sana lari sini, dan malah gue yang kawatir. Bukan maksudnya ngejelekin si, justru pengungjungnya sendiri yg bikin objek wisata ini kesannya malah jelek, buang sampah sembarangan, rusak-rusak fasilitas.

Terlepas dari itu, objekwisata ini baguss banget. Konsepnya kekinian, banyak spot bagus dn seru contohnya (info copy dari dikuningan.com) :

*Sun Flowers : Area yang dihiasi dengan bunga matahari yang cukup besar.

*Wing Sky (Ayunan) : Area yang terdapat wahana ayunan. Selain cocok untuk spot berfoto, wahana ini cocok untuk menguji adrenalin, karena berada tepat diatas jurang landung.
*Sarang Burung : Area yang dihiasi dengan sarang burung yang cukup besar.
*Tower Bambu : Area paling tinggi di Jurang Landung dimana di area tersebut terdapat hiasan rangakain bunga yang membentuk love.
*Bambu Sky : Area yang dihiasi sayap burung yang terbuat dari besi
*Rumah Hobbit : Area rumah mini seperti rumah hobit di film lord of the rings. 


Dan kerennya lagi, kalau kalian mau foto di spot-spot yang berbayar itu sudah termasuk fee untuk difotoin sama mas2 fotografer pake drone. Kebayangkan bagusnya kaya gimana. Tiket masuk kawasan itu 5rb/orang. Kenapa disebut tiket masuk kawasan, karna disini ada 2 objek wisata. Ada jurang landung dan curug landung. Kemarin ga sempet ke curug karna seperti biasa kesorean hahaha. Terus tiket masuk jurang landung itu 25rb/orang free 1 kotak fruitea. Keitung mahal sih untuk objek wisata yg lumayan kecil, tapi mungkin lagi lebaran ya jadi harganya mahal. Tips dari gue :

* dateng di cuaca yang bagus. Karna disini kebanyakan pohon dan rumput warna hijau, jadi kalau pas lagi cerah hasil fotonya bakalan bagus
* jangan datang pas high seasons. Mungkin kalau sabtu minggu biasa ga terlalu rame, tapi kalau ngalamin kaya gue asli gak nikmatin banget
* bawa makanan buat piknik, seru deh ada suara air terus adem rindang berasa piknik dihutan tapi bukan hutan hahaha
* kembali lagi, pake sepatu yang flat aja yak, disini rutenya nanjak biar lebih nyaman ga pegel

Sekian review jurang landungnya, tinggal nikmatin aja deh foto-fotonya. See you ....

pintu masuk jurang landung








Komentar