Cara memilih Pashmina Bahan SATIN yang cocok untuk anda !!



Apa kabarnya ukhti ? Semoga selalu sehat ya. Hari ini tepatnya saya dapat curhatan dari kerabat kerja tentang jilbabnya. Ya pada saat itu dia menggunakan jilbab satin. Dia bilang "Jilbab ku ko koyo ngono ya. Ndak bisa diem padahal jarum udah dimana-mana. Kaku lagi, bisa tolong aku menggunakan jilbab ini ?". 

Sebelum berbagi tips , saya kasih tahu dulu apa itu kain satin. Satin adalah jenis kain yang ditenun dengan dengan menggunakan teknik serat filamen sehingga memiliki ciri khas permukaan yang mengkilap dan licin. Bagian dalam atau belakang permukaan satin sebaliknya tidak licin dan tidak mengkilap.
Satin mulai dikenal di daratan Eropa pada awal abad ke-20, setelah lebih dahulu mengenal kain sutera yang berasal dari Tiongkok. Walaupun satin dan sutera memiliki beberapa ciri khas yang mirip, keduanya menggunakan bahan serat yang berbeda. Satin ditenun dengan serat buatan seperti polyster, sedangkan sutera menggunakan serat alami yaitu ulat sutera. Alhasil, meskipun keduanya terasa lembut di kulit, satin memiliki permukaan yang lebih kilat dan licin, sementara sutera lebih halus dan ringan. Sumber dari : Wikipedia Indonesia
Setelah kamu tahu, sekarang tinggal tipsnya. Silakan disimak..
1. Murah belum tentu bagus..
Kerudung bahan satin memang banyak dijual di toko, sampai pinggir jalan. Itu tergantung kocek sista, Tapi menurut saya lebih baik beli di toko. Karna pengalaman membeli 3 satin di pinggir jalan, hasilnya tidak memuaskan. Bahannya lebih kaku , dan sangat licin. Harga untuk penjual pinggir jalan sebesar Rp. 40,000 (untuk pashmina) & Rp. 25,000 (Untuk segi 4). Perbedaan harga dengan di toko tidak jauh berbeda, Rp. 70,000 (untuk pashmina) & Rp. 50,000 (Untuk segi 4). Kan ada istilahnya sis,"Harga ga mungkin bohong" . Jadi merogoh kocek lebih besar untuk hasil memuaskan ya kenapa engga ???

2. Perhatikan Bahannya
Saat membeli satin, jangan ragu untuk memegang dan mengusap-usap kainnya. Pastikan kain lembut ditanggan. Lalu coba dekatkan Satin ketelinga dan gosok menggunakan ibu jari serta telunjuk. Bila satin mengeluarkan suara kasar & keras (Pokoknya suara yang tidak lembut) maka satin itu akan sulit untuk dipakai. Namun bila satin mengeluarkan suara pelan itu berarti satin tersebut halus.

3. Jangan ragu untuk mencobanya terlebih dahulu
Sebelum di beli pastikan sista sudah mencobanya. Penjual juga mengizinkan kok untuk dicoba dulu. Dari pada menyesal lebih baik dipakai terlebih dahulu.

4. Warna Netral
Ini penting, Belilah satin dengan warna netral . seperti Cream , Putih tulang, Hitam / Coklat. Jadi lebih mudah mix & match nya. Kecuali jika sista memang khusus membeli warna tertentu untuk menyenadakan pakaiannya si oke-oke saja.

5. Hal-hal pendukung
Yang dimaksud hal-hal pendukung ialah Iner ninja , Jarum pentul & bros
* Untuk iner usahakan warna hitam / putih. Iner pun harus yng bahannya diam seperti Jersey. Karna bahan tersebut lebih mudah mengikuti bentuk wajah.
* Jarum pentul ga mesti banyak. Triknya agar satin diam adalah cukup 3. Di samping kanan (dekat pipi / telinga), samping kiri, & Belakang di atas cepol rambut.
* Bros digunakan untuk mempercantik. Biasanya di taruh di sisi kanan / kiri dekat pundak.

6. Jangan beli ONLINE
Memang berbelanja online itu mengasikkan. Gambarnya yang bagus & iming-iming penjual yang menjanjikan. Namun 70% pembelian satin dari online shop tidak sesuai harapan. Harga mahal &murah sama. Tidak bisa digunakan karna licin & kaku. Jadi luangkan waktu untuk membeli jilbab satin ketoko saja ya.

Sekian dari saya.. semoga berkenan ya...
Assalamualaikum wr.wb

#Oh ya kalau mau bertanya seputar blog bisa langsung ke My Facebook @Fiia Zhe Rose Aine

Komentar