Touring part 1 : Curug Cigentis Karawang, Jawa barat

Sudahkah kamu menikmati hidup ??
 Kalau belum, mari kita mulai. Jadi ini pengalaman touring ku, yaaa ini pertama kalinya aku serius memusatkan diriku untuk menghabiskan waktu dialam. Liburan itu penting, sangat-sangat penting. Mengingat tumpukan berkas yang bercecer di meja kantor, hampir membuat sebagian rambut ku copot dari kepala.

Oke skip.. hahaha terlalu lebay deh paragraf di atas. Gais yang cari tempat liburan di daerah Karawang, mari merapat sedikit ke pelosok karawang. Lebih tepatnya di Curug Cigentis Loji. Titik mulainya perjalanan ku itu dari Mall Karawang Central Plaza, sekitar 36.4 Km atau lebih tepatnya 1 jam perjalanan.

Bermodal GPS dan power bank gue nekat tuh kelokasi itu, masa iya hampir 1 tahun di karawang belum pernah menginjak objek wisatanya yang terkenal ? Hellooooooo hahaha

Jalur yang ditempuh lumayan menantang ya, karna 80% tanjakan juga masih banyak jalan yang TIDAK LAYAK digunakan. Tapi pemandangan yang disuguhkan bener-bener bikin kita lupa betapa lelahnya perjalanan ini. Gunung kapur, sawah, & sungai jadi objek pemikat utama objek wisata ini.

Sesampainya di gerbang utama, kita bakalan dikasih karcis masuk Rp 5.000 saja, dari gerbang utama itu masih nanjak hampir 2km. Sampelah di pintu masuk kedua, disini treknya udah gak memungkinkan buat bawa motor lagi. Awalnya agak curiga, kenapa gak boleh bawa motor ? dengan tarif penitipan motor Rp. 5,000 tanpa batasan waktu. Oke membuang pemikiran negatif, kita terpaksa nitipin si Brader viki di abang-abang parkir, dan YOU KNOW.... ternyata tracknya emang GILA... Tanahnya 100% tanah liat (namanya juga gunung kapur), mana jalanannya juga 100% belum di aspal. alhasil batu batuan lah yang dijadikan pijakan jalan. Beuhhhh gue saranin mending jalan kaki deh, dari pada tuh motor turun mesin.
Jalan setapak menuju curug

Lebih gilanya lagi, dari tempat parkir sampe ke loket pembelian tiket, jaraknya hampir 1KM. itu baru sampe loket loh, belum ke curugnya. Jadinya cape di jalan, mana ujan, becek, ga ada ojek iuhhh..... Untung aja sepanjang perjalanan, banyak tukang sovenir, warung makan, dan pemandangannya juga bagus, jadi ga nyesel jalan sejauh 1km.



Nahhh dari loket itu pun jaraknya 1km lagi sampe ke curug. Ditambah treknya bertangga, buat para wanita mendingan pake sepatu skets deh dari pada flats shoes apa lagi wedges !! 
Tapi yang membuat hati sebel ngedumelllll..... Tiba-tiba hujan, deres pula. Nunggu hampir 1 jam baru hujannya reda, pas mau lanjut jalan ke curug eh petugasnya bilang "Percuma neng naik, orang aernya aja butek kalau abis ujan".... Aduhhh sakitnya tuh disini..............................

Terpaksa, habis hujan reda langsung turun gunung. Mengingat angin juga kabut mulai tebal di atas, terlalu beresiko buat naik. Longsor, hujan gede, juga kondisi air yang deras terlalu berbahaya buat lanjut. Yahhh mau gimana lagi ?

Gais nih aku share foto-foto ku selama di perjalanan menuju Curug cigentis, inget ya baru perjalanan belum sampe curugnya :( Lain kali aku share kalau aku sampe di curugnya :)

SARAN KU (lebih baik mempersiapkan ini) :
1. Jas ujan / Payung (Cuaca disana ga menentu, cepet turun hujan)
2. Air minum yang banyak (Karna jalan kaki sampe kecurug, lebih baik banyakin minum)
3. Sapu tangan / tisu (pasti bakalan banjir keringet)
4. Sendal Jepit (Kalau hujan, licin. mending make sendal jepit)
5. Makanan (Muahal cuy makanannya)
6. Fisik (Ini yang utama)
7. Cek kondisi kendaraan (Treknya ganas, resiko terbesar itu di Ban, Bensin, & Mesin yg tll panas)














See you di liburan selanjutnya ....





Komentar