Gedung Perundingan Linggarjati-Kuningan, Jawa barat



wahhh udah lama nian gue gak nulis #skiplupakan. Oh ya gais, kalian masih inget kan kalau gue ini berdarah kuningan ? kenapa gak sekalian darah besi gitu #upss. Dan sekarang gue rindu sama kuningan, termasuk salah satu gedung yang bersejarah disana. Bukan cuma saksi bisu terselenggaranya peristiwa besar, tapi juga saksi bisu dimana gue dan dia dipertemukan kembali setelah sekian lama kami terpisah #eaaaaaa

Hey... jangan malas belajar sejarah, karna semua dataran Indonesia yang sekarang kamu injak itu berawal dari yang namanya SEJARAH. Catet !!

Menurut Mbah Wiki inilah cerita singkat dari gedung perundingan linggarjati
Kita bahas satu persatu

* Tiket masuk
untuk masalah ini bener-bener bersahabat. WHY? karna tiket masuk menuju gedung ini hanya < Rp 5.000 saja.

* Jam buka
setiap hari dari jam 8.00s/d17.00 wib. Terkadang juga kurang dari jam 5 sore atau mungkin lebih masih belum ditutup. Yaa disesuaikan dengan minat pengunjung sih. Untuk hari-hari padat ya pas libur nasional. kaya lebaran atau tahun baru, jadi lautan orang tau gak digedung ini.

*Fasilitas
Lumayan, untuk tiket masuk dengan harga murah fasilitas pun sesuai lah. Ada toilet pastinya #plus airnya serasa air es, juga ada taman yang lumayan besar dan sangat-sangat rindang didepan gedung. So... ini tempat yang baik untuk edukasi dan piknik bersama keluarga dan si kecil.

*Kondisi
em.... walaupun gedung ini cukup tua, but u must know arsitekturnya masih benar-benar baik. ada memang beberapa titik yang mulai rapuh, tapi menurut petugas setempat setiap tahunnya akan ada renovasi tanpa menghilangkan keaslian gedung ini. Oh ya.. berhubung cuaca di kuningan agak sedikit dingin, beberapa ruangan sedikit melembab. kesan teduh dan bisu bener-bener terasa kalau kalian masuk ke ruang tidur sukarno yang ada di ujung gedung. Tetep positif thinking guys, mungkin aja lembab itu karna suhu kuningan #entahlah

* Kebersihan
nah ini nih yang utama, sebenernya bukan salah petugas kebersihannya karna sejauh ini gue kesana ada beberapa petugas kebersihan yang berkeliaran. tapi ya.. kembali kepada pengunjungnya lagi. coba deh kalian fikir, anggaplah dirumah kalian ada tamu yang buang sampah sembarangan. apa yang kalian rasakan ? Sebel dong. begitupun dengan gedung ini, kalau dia bisa ngomong pasti dia udah ngomel bin ngedumel. Tolong jaga kebersihan disana, karna anak, cucu dan cicit kita nanti harus tau betapa bersejarahnya gedung ini.

*HAL MENYEBALKAN ?
kenapa gue bahas ini, yang paling-paling gue sebelin disini adalah para anak ABABIL yang seenaknya mesum dibalik pohon pojokan taman. beuhh..... gue tau rasanya jiwa muda, tapi tolong. Ini tempat umum dan juga situs bersejarah, jangan seenaknya kalian kotori dengan tindakan ASUSILA.

Sekian ? Sepertinya cukup :D oh ya... ini beberapa foto ku disana. berhubung pas kesana belum punya DSLR, jadi motonya pake andromax C doang :(









Komentar