My pregnant journey. (Cerita kehamilan 5-35 minggu)



Hari ini tepat 35 Minggu gue hamil. Sebelumnya gue berterima kasih ke diri gue sendiri. Gilaa lo hebat banget, bisa bertahan di 35 minggu ini dengan banyak resiko. Ngalamin perjuangan di 35 minggu yang ga mudah. Iya ga mudah, harus tetep makan pas morning sicknes, harus tetep tidur walau insomnia, harus makan sayur padahal ga suka, dan embel-embel ga boleh begini begitu dari orang-orang disekitar. tiap hari bawa-bawa bayi plus ketuban dan ari-ari itu ga seenteng keliatannya, belum lagi nahan keinginan ini itu karna nabung buat masa depan anak, ditambah aktifitas yang sama jadi exstra lebih berat dari biasanya. Kalau difikir-fikir, gue nyesel dulu pernah bentak ibu gue, bikin ibu gue nangis dan kenakalan lainnya. karna saat gue hamil, gue ngerasain apa yang ibu gue rasain #bighugforyoumom. 

Sebelum kehamilan
agak cukup lama bagi gue sampe bisa hamil, disaat yang nikahnya barengan tapi udah hamil dan gue belum. ditambah pertanyaan dari si A si B "udah isi belum?" yang bikin makin tertekan. dari awal nikah memang udah test kesuburan sama suami. dan hasilnya lumayan bikin drop, jadi dirahim gue ada 6 benjolan. itulah kenapa setiap mens rasa sakitnya banget dan gak ketahan. dokter ga bisa memastikan apa ini penyebab susah hamil atau cuma sekedar benjolan yang ga berbahaya. abis denger penjelasan dari dokter, gue drop sedrop drop nya. sampe sempet bilang ke suami "kalau kamu mau cerai, kamu punya alasan kuat untuk itu. kalau kamu mau menikah lagi, kamu juga punya alasan untuk itu. aku ga bisa kasih kamu apapun selain diriku dan waktuku. itu hak mu, dan itu keputusanmu insaallah aku ikhlas". dan kalian tau apa yang dia bilang "Kalau aku kehilangan kesempatan untuk punya anak, setidaknya jangan bikin aku kehilangan kamu juga". dan yaa... mulailah ngejalanin hari-hari dengan ikhlas. serahin aja ke Allah, karna Allah lebih tau bagaimana kehidupan yang baik untuk kita. Allah memberi apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita minta. Allah memberi kita kecukupan, bukan berlebihan. Ikhlaskan bila memang bisa, karna selagi kita belum ikhlas maka Allah akan terus menundanya.

Awal Kehamilan

setiap bulan jadwal mens gue itu memang ga teratur, bisa sebulan dua kali kadang dua bulan sekali. awal nikah si dikit-dikit tespeck dan hasilnya selalu negatif. jadinya ga pernah testpeck lagi kalau telat, nunggu sedatengnya aja. sampe dibulan febuari mulai ngerasa aneh. Kok badan pada bengkak, gampang cape, dan mual parah. tapi ya mikirnya, mungkin masuk angin atau magh. lama-lama penasaran juga itung-itung kapan terakhir M dan ternyata telatnya udah lama. Sempet ragu sih, mau di tes apa engga takutnya negatif malah jadi zonk. tapi rasa penasaran suami malah bikin gue jadi makin penasaran. katanya "jangan takut, ga ada salahnya nyoba. kalau bener kamu hamil kan jadi ketauan, ataupun kalau memang gak kan berarti kamu sakit" . bismillah apapun hasilnya insallah harus lebih ikhlas lagi. Inget banget malem itu pulang kerja di hari kamis beli testpeck depan komplek, beli 2 plus obat penambah darah. persiapan siapa tau kalau memang negatif berarti gue cuma 5L alias anemia. niatnya mau coba tespeck besok paginya, tapi sumpah penasaran dan akhirnya nyoba dimalem itu juga. pas tespeck dicelup, cuma keluar 1 garis. duarrrrr...... berasa kesamber petir. yah gagal lagi feeling gue, abis itu gue tinggal nyuci piring tuh tespeck, pas mau dibuang baru ngeh kalau ternyata ada 1 tambahan garis samar yang artinya gue POSITIF HAMIL. Duarrrr berasa kesamber petir ronde 2. Kok bisa ? ini beneran ? ini hamilkan ? ga ngerti harus gimana. cuma nutup mulut, kaki berasa meleleh kelantai, dan ga percaya. Coba bangun dan ambil hp langsung telephone ibu gue "ma, teteh kan tespeck dan garisnya ada 2 tapi satunya samar. itu hamil bukan ?" "iyalah itu hamil udah telat kan ?". alhamdulillah, sujud syukur. penantian panjang dan akhirnya menghasilkan. mulailah nyusun rencana buat ngasih berita ini jadi kejutan kesuami. sampe sekarang masih keinget jelas gimana senengnya dia pas tau kalau gue hamil,  meluk gue, nyiumin perut, sampe berkali-kali nanya "ini beneran, kamu ga bohongin aku kan?" helloww masa iya tuh tespeck bohongan, mana bisa. dan malem itu ga bisa tidur saking senengnya. mulailah ngerencanain ini itu buat masa depan anak. anak itu titipan, dan Insallah selalu ada kemudahan untuk itu.
Tragedi awal kehamilan

besoknya langsung cek kebindan, dan kita berdua kaget bukan main. ternyata usia kandungannya masuk 5 minggu. kalian tau di 5 minggu itu gue ngapain aja ? gue masih sempet honeymoon kebandung, ditambah mudik ke kuningan naik motor. Gue cerita ke bidan dan hasilnya gue diomelin. "Bu,  trimester awal kehamilan itu masih rawan. kalau bisa jangan kebanyakan naik motor, angkat sesuatu yang berat, dan berhubungan badan dulu. bahaya, bisa gagal ntr hamilnya. dijaga ya bu". Kawatir pastinya, sampe ga tenang. dua minggu setelahnya gue coba USG ke RS hermina, dan ternyata bener. Pas USG itu udah 7 minggu. sama dokternya dikasi 5 macem obat yang masing-masing jumlahnya ada 20 tablet. dari sinilah awal kegalauan dan perjuangan dimulai,

Kebimbangan
di 10 minggu awal kehamilan itu ngerasain morning sicknes. Muntah, ga bisa makan, pusing, sensitif bau. sampe akhirnya terpaksa ngekos di deket kantor saking ga kuatnya, tapi setelah ngekos masalah ga gitu aja selesai. karna ngekos sendirian, malah jadi kesepian. Ga ada yang ngurusin kalau lagi muntah muntah, makan ga kekontrol, jauh dari suami. Sumpah, bawaannya pengen resign aja dari kantor. tapi difikir-fikir kalau resign, gimana rencana buat beli rumah, bangun rumah dikampung, tabungan melahirkan, tabungan pendidikan, dan rencana-rencana lain buat anak. Gak, ga boleh resign batin gue, dikuat-kuatin buat tetep kerja, sampe BB bukannya naik tapi malah turun hampir 2kg dari 45kg malah jadi 43kg. dan puncaknya itu, suami tengah malem jemput ke karawang karna gue muntah dan ga bisa makan. Udah coba macem macem cara, dari mulai nyium minyak angin, ganti produk susu hamil, atau makan sedikit tapi sering dan tetep aja ga bisa, ujung-ujungnya muntah dan ga ada makanan yang masuk. Beruntung suami dari awal hamil selalu sigap. Walau sempet tinggal kepisah tapi selalu 24 jam ngawasin lewat HP. tanya keadaan, atau rekomendasi makanan apa yang seger, dan siap jemput kapanpun walau tengah malem sekalipun. Tapi alhamdulillah, pas di minggu ke 10 semuanya balik normal. mulai ngidam ini, itu dan sedikit-sedikit makan yang dulu ga bisa dimakan pas morning sicknes. jadi buat yang lagi ngalamin morning sicknes, sabar ya. mau diapain juga emang bawaannya bayi gitu, ada yang sebentar dan ada yang sampe 4 bulan. tergantung gimana badan bumil merespon hormon kehamilannya. jadi masing-masing bumil itu beda, jangan disamain ya.

Trimester pertama kehamilan

Di 3bulan awal kehamilan, ga ada yang percaya kalau gue hamil. secara gue masih pake celana jeans uk. 28, perut juga masih rata, dan BB ga naik naik. trimester awal dokter bilang gue kurang gizi makanya disuruh minum susu hamil, buah dan obat yang ga kebayang banyaknya. mungkin karna morning sicknes yang parah jadi di 3 bulan awal kehamilan masih belum keliatan kesan hamilnya. walau kata dokter ga boleh stres, naik motor, dan makan pedes tapi tetep aja ngeyel. bahkan pas 3 bulan sikecil dibawa naik motor kebandung. wah abis deh gue diomelin sana sini, tapi gimana ? bumilkan juga manusia. bumil juga butuh jalan-jalan, untung suami ga pernah ngelarang. fikirnya tuh gini "jangan disamain kamu sama orang lain. setiap orang berbeda, kamu kuat anakmu juga pasti kuat. kalau anakmu ga kuat, mungkin dari awal hamil udah keguguran" #amitamit. Tapi bener juga sih, anak itu titipan. semua orang tua  normal pasti menjaganya dengan baik, tapi umur dan jalan hidup allah yang atur. kita cukup menikmati prosesnya bukan ? makanya walau dicibir ga bisa jaga anak, karna tetep kekeh kerja ke kantor PP bekasi-karawang naik motor. atau tetep egois jalan-jalan keluar kota naik motor, dan hal gila lainnya. IDONTCARE, dengerin aja. oh ya, ngomongin hamil 3 bulan dan perut masih rata gue ada ni foto-fotonya.  liat deh foto-fotonya, ga keliatan kan lagi hamilnya ?
 
2Bulan
3 bulan
3 Bulan




Trimester kedua kehamilan
masuk ke trimester 2 (4-6 bulan), mulailah ngerasain ada yang hidup didalem perut gue. dari mulai kedutan, sampe tendangan makin hari yang makin jelas. terharu itu pasti, apalagi suami ga ada bosen-bosennya ngajak sikecil ngobrol. kalau malem selalu ditanya "dia nendang ga?" atau "sakit ga ? gpp kan sayang?". ditambah liat dia gerak pas lagi USG, denger detak jantungnya juga. wow... kuasa allah ya, perut sekecil ini ada bayinya fikir gue. Di trimester ke dua, keluhannya ada di air ketuban yang kurang dan BB janin juga. Karna frekuensi pipis yang sering, jadi malem minum banyak. padahal bodohnya gue, minum itu penting buat nambah jumlah air ketuban. mulai deh rubah mindset, yang tadinya ga suka minum jadi harus banyak minum, yang tadinya ga milih-milih makan sekarang harus jadi pemakan segala. suami juga support, mau makan apa dibeliin. sesusah apapun dicariin, semua demi sikecil. Gue baru buncit itu pas hamil 6 bulan. baru mulai beli celana hamil, pake dress kemana-mana. dan alhamdulillah BB di trimester ini naik jadi 48-50kg. kadang kalau lagi jalan sama suami, orang-orang suka ngeliatin perut gue. mungkin fikirnya "nih orang hamil apa dadut?" hahaha. di TM2 ini mulai berasa engap, hal yang paling nyusahin itu kalau megang sesuatu dan jatuh. uhhhh adegan ngambilnya itu susah. harus pake gaya khusus yang sedikit bikin cape. makanya kalau dirumah, ngambil barang dan jatuh, suami langsung reflek ngambilin barangnya. walau udah hamil 6 bulan, tapi masih aja ada yang ga percaya kalau gue hamil 6 bulan. "ah masa sih, si A 6 bulan lebih gede" helow... ukuran perut ibu itu ga bisa nentuin babynya sehat atau engga. bentuk tubuh bumil itu beda-beda, kaya gue lebih melebar dari pada buncit. dan biasanya kehamilan pertama itu lebih kecil size lingkar perutnya dibanding kehamilan kedua. jadi jangan drop ya bumil kalau ada yang banding-bandingin. inget mindsetnya, setiap orang hamil itu beda jangan disamain. dan inilah foto-fotonya pas TM2, kecil kan ?

4Bulan

4Bulan

5Bulan



5Bulan

5Bulan
5Bulan
6Bulan
6Bulan
6 bulan




Trimester ketiga kehamilan
Oke sekarang masuk ke bulan-bulan yang menegangkan. Gilaaa tinggal 5 minggu menuju launcing perdana baby "R". gue baru tau jenis kelaminnya sikecil itu pas USG 3D usia 7 bulan. awalnya penasaran banget sama yang namanya usg 3D/4D, mulailah search di google USG 3D/4D yang terjangkau dibekasi. Secara kalau di RS itu bisa kena 800rb loh. Alhamdulillahnya dapet info kalau ada USG yang murah di daerah duren sawit. meluncurlah kesana pas libur, dan ternyata ngantri bok. hampir 4 jam baru dapet giliran, tapi demi liat sikecil, apapun dilakuin dengan sabar. dan semuanya kebayar, baby "R" lucu banget dilayar monitor. pipinya cubby, bulet, dan hidungnya pecek. curiga dia ngambil gen ibunya, padahal kalau kamu ngambil gen bapakmu nak, insallah hidung mu ga mendem hahaha. tapi gue seneng banget pas denger sikecil perempuan. apapun jenis kelaminnya ga masalah buat gue asal sikecil sehat. ngomongin soal nama, sebenernya dari awal nikah udah persiapan nama buat anak, dan pas hamil nama-nama itu sedikit direvisi. kebetulan suami bingung mau ngasi nama apa, jadi gue yang ngasih listnya dan dia yang pilih. Aurora Lilyana Talitha, nick namenya Rora. tapi berhubung belum lahir jadi kita biasa manggil baby "R". semakin kesini gerakan sikecil semakin ekstrim, kadang muter sampe ke samping pinggang, kadang neken kerahim bawah. jadinya gue suka meringis ngilu kalau geraknya ekstrim, tapi balik lagi. demi anak apapun harus sabar, tiap malem suami pasti ngajakin ngobrol. dan lucunya yang didalem juga ngerespon, bapaknya si ngajak ngobrol ga jauh dari "jangan begadang ya dek" atau "ayo muter kebawah, katanya udah mau keluar" dan "gemess pengen gigit, ga sabar pengen liat dede". alhasil perut gue digigit sama dia, dan yang didalem protes karna berat ketindih hahaha. untuk persiapan baju sikecil kebetulan baru dicicil pas 34 week. itupun nunggu lungsuran dulu biar ga terlalu besar budgetnya, selalu inget pesen orang-orang disekitar "jangan banyak-banyak beli baju bayinya. entar cepet gede malah ga kepake". dan dua neneknya mulai heboh nyiapin ini itu "ada selimut ni teh, nanti ga usah beli" atau "nanti lahiran mama kesana nginep ya". tapi ya naluri alamiah ibu ya, dua neneknya ini sempet berebut hak asuh. sebenernya pengen banget ngasuh dirumah, sewa baby sister gitu. tapi ga disetujuin, dan akhirnya nitip anak di rumah ibu gue dibekasi. berhubung ibu mertua ada dikampung. ga tega kalau nitip anak terlalu jauh, dan kebetulan yang deket itu ibu gue jadi titip disana deh #maapkandakuibumertuahuhuhu. persiapan yang gue beli itu baju bayi, celana bayi, popok, gurita, kaos dalem, sarung tangan, sarung kaki, handuk, lap handuk, kain bedong, perlak, alat mandi, dan kasur. itupun baru 80%, dan jumlahnya masih harus ditambah terutama popok dan kain bedong. oh ya, posisi sikecil itu mulai muter usia 8 bulan. seharusnya si 7 bulan udah muter tapi mungkin karna perut gue kecil jadi gerak bayi sedikit terganggu. inipun belum masuk jalur lahir, semoga aja di usg ke 36week udah masuk jalur lahir ya nak biar gampang. Untuk biaya persalinan, 100% nyoba pake BPJS. Bukan berarti kita tidak mampu ya, tapi sayang tiap bulan dibaya cicilannya masa iya ga dipake. ditambah kalau gratis kan, uang untuk biaya lahirannya bisa ditabung lagi untuk hal lain. tapi jangan sampe ga nyiapin biaya lahiran juga, tanyain dari sekarang kalau tanpa BPJS itu berapa. biar ada prediksi jumlah uang yang harus disiapin. Kebetulan gue masih belum ambil cuti kerja, awalnya mau di akhir september. tapi difikir-fikir kelamaan, ditambah mau ikut program pemerintah untuk pemberian asi eksklusif di 3 bulan awal. jadi dimundurin deh, insallah tanggal 20 oktober. sekitar 2 minggu sebelum HPL. banyak yang ngilu sih dengan keputusan gue cuti mepet karna takutnya maju. pokonya pasrah aja deh, kalau memang apa yang kita lakuin itu sesuai jalan Allah, pasti dimudahin aamiin. dikehamilan yang udah tua ini BB gue naik 50-56kg. dan dapet panggilan baru yaitu "ndut". keluhannya ga jauh dari insomnia. yang tengah malem kebangun karna kepanasan, atau kelaperan. maklum semakin besar bayi semakin kita merasa panas karna porsi kerja jantung untuk memproduksi darah itu meningkat makanya bumil merasa lebih panas dan gampang laper. banyakin gerak ya para bumil, karna di trimester akhir ini justru harus banyak gerak. latihan pernafasan juga penting dan pastinya banyak-banyakin hipnoterapi diri sendiri. sedini mungkin atur pola pikir kita kalau lahiran itu ga sakit, semua wanita sudah dirancang tubuhnya secara alami untuk melahirkan. jadi ga akan ada ibu yang gabisa melahirkan. pasti bisa, sakit memang tapi harus tetep tenang. nikmatin prosesnya karna hasil dari itu kita bisa liat sikecil #nasehatindirisendiri. BTW ini foto-foto kehamilan ku di TM3
7 bulan
7 Bulan
8 Bulan

8 bulan

8 bulan

aku share video-video USG ku yaaps..




dan aku juga punya beberapa video aktifitas sikecil






Dear my husband
sebelumnya aku mau ucapin terima kasih banyak, dan aku bener-bener beruntung punya kamu. Dari awal perjalanan kita berdua, banyak banget cobaannya. tapi kamu selalu kuatin aku, walau aku tau kamu juga pernah drop tapi kamu ga nunjukin itu. aku hanya sekedar seorang istri biasa, tapi kamu memperlakukanku melebihi seorang ratu. kamu ga pernah ngeluh walau tengah malem kebangun dan beli makanan. aku tau kamu cape, tapi kamu tetep beresin rumah dan ga pernah minta aku harus urusin rumah padahal kerjaan ku habis pulang kerja cuma tiduran. kamu selalu pegang tangan ku kalau naik tangga, nyebrang jalan, dan bangun dari duduk. kamu orang yang selalu panik berlebih kalau aku mulai sakit perut, kamu pasti langsung bangun kalau liat aku angkat sesuatu yang berat. kamu sabar, walau mata ngantuk tapi masih harus ngusapin pinggangku yang sakit, bela-belain begadang kalau anaknya ga bisa diem diperut. selalu nyempetin mandi bareng karna takut aku kepeleset atau jatuh. yang rela tidur cuma diujung kasur karna ga mau istrinya kesempitan, dan ngipasin sampe tangan pegel karna aku kepanasan.  bantuin pake celana dan sepatu, karna kamu tau aku ga bisa jongkok. masih banyak lagi hal-hal yang menurutku terlalu manis, aku berharap kamupun begitu keanak kita. Maaf aku merepotkanmu, maaf aku ga bisa melayanimu sebagaimana mestinya, maaf untuk semua keluh kesahku. kamu orang tersabar yang pernah aku temuin, mungkin itulah kenapa aku memilihmu. jodoh itu melengkapi, aku itu sisi baliknya dirimu. aku suka cara kamu ajak anak kita ngobrol, cara kamu meluk aku tiap tidur, cara kamu cium aku kalau bangun tidur, cara kamu ngetawain aku, cara kamu panggil aku "mama ndut". kadang ada beberapa hal yang kamu lakuin tapi kamu ga sadar kalau itu romantis, semisal kalau tidur tiba-tiba pindah ke deket perut dan tidur disitu. atau usap-usap perutku kalau aku pindah posisi tidur, benerin bantal atau gulingku biar perutku ga ketindih dan masih banyak lagi. kamu taukan rasa kawatirku menjelang melahirkan. aku ga takut untuk itu, tapi lebih ke merasa bersalah. aku masih tetep kerja bahkan keluar kota walau aku tau kamu ga izinin aku keluar kota. aku masih asal makan, padahal kamu udah larang aku makan makanan itu. aku masih ngeyel ngangkat sesuatu yang berat sendiri, padahal kamu pasti mau kalau dimintain tolong. aku selalu bilang "kalau aku lahiran, temenin ya", karna aku butuh kamu. anggaplah aku terlalu manja, tapi aku memang membutuhkanmu. aku sayang kamu, dan juga anak kita <3


Komentar